Perbedaan SO GUI Dengan CLI

www.transiskom.com
GUI (Graphical User Interface) adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).CLI (Command Line Interface) adalah system operasi tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris atau perintah-perintah tertentu. Terdapat perbedaan yang mendasar antara SO berbasis GUI dengan SO berbasis CLI, yaitu :

GUI (Graphical User Interface) :

1. Berbasis grafis, dengan memiliki tampilan yang lebih menarik dan friendly berupa menu dan    icon-icon aplikasi yang bisa langsung di buka hanya dengan klik menggunakan mouse
2. Adanya tampilan grafik pada layar .
3. Interaksi antara pengguna dan sistem komputer lebih banyak meenggunakan mouse daripada keyboard.

CLI (Command Line Interface) :
 

1. Berbasis teks, yang jika ingin menjalankan system operasi ini harus mengetikkan perintah-perintah pada command prompt.
2. Tidak ada tampilan gambar & grafik, hanya tampilan command line yang muncul.
3. Input yang paling sering digunakan untuk interaksi antara pengguna dan sistem komputer adalah menggunakan keyboard.
0 Komentar untuk " Perbedaan SO GUI Dengan CLI "

 
.
Copyright © 2014 ARIFFINE - All Rights Reserved